NO.
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
|
1.
| Disajikan ilustrasi contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan salah satu asmaul husna yang sesuai dengan tepat. |
1
Kls I
SEM I
Bab 3
| Di era globalisai sekarang, persaingan tenaga kerjasangat keras, hanya orang yang terampil, terdidik serta mandiri yang akan dapat bersaing. Hal tersebut sebagai wujud keteladanan asma Husn....
Al Aziz = Maha Perkasa
Al Wahab = Maha pemberi
Al Fattah = Maha pemberi keputusan
Al Hadi = Maha Pemberi petunjuk
Al Qoyum = Maha Berdiri sendiri
As Salam = M aha selamat
Al Gaffar = Maha Pengampun
Al Adlu = Maha Adil
As Sabur = Maha sabar
Al Hakim = Maha Bijaksana
Al muhaimin = Maha memelihara
Al Waqi' = Maha memelihara
|
2
| Disajikan tabel nama dan tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan pasangannya dengan tepat. |
2
KLS I
SEM II
Bab 10
|
Jibril = pembawa wahyu
Mikail = pengatur rizki
Isrofil = peniup sangkakala
Izroil = pencabut nyawa
Roqib =pencatat amal baik
Atid = pencatat amal buruk
Mungkar = penanya kubur
Nangkir = pemberi sanksi
Malik = penjaga neraka
Ridwan = penjaga surga |
3
| Disajikan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang tepat dalam mencintai Al Qur'an |
3
KLS II
SEM I
Bab 2
| SIKAP MENCINTAI AL QURAN (no.3)
- Seorang muslim yang baik adalah selalu berusaha untuk menghormati ,memuliakan dan menjunjung tinggi Al Quran .
- Senantiasa berusaha untuk membacaa Al Quran dengan segala kesempatan baik dalam keadaan suka maupun duka
- Selalu berusaha untuk memahami arti dan kandungan Nya
- Selalu berusaha untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari hari.
Sikap tidak mencintai Al Quran( no: 3 )
- Tidak menghormati dan menjunjung tinggi Al Quran
- Meletakkan Al Quran di sembarang tempat
- Tidak mengamalkan isi Al Quran meskipun mengetahui isi kandungannya
|
4
| Disajikan kutipan kisah rasul Ulul Azmi, peserta didik dapat menentukan nilai-nilai yang dapat diteladani dengan tepat. | 4
KLS 2
SEM 2
Bab 11
| Nabi Ulul azmi(nabi yang di beri kesabaran ,keteguhan yg luarbiasa) al:(no.4)
MINIM=
Musa ,As = Tongkatnya bisa membelah laut,dan mjd ular
Isa,As = bisa mnghidupkan orang mati
Nuh,As = dengan kapalnya
Ibrahim ,As= di bakar tidak mati tidak panas
Muhammad,SAW= dengan jari jarinya bisa membelah bulan , Kitab Al Quran
|
5
| Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menunjukkan nama hari akhir yang sesuai |
5
KLS 3
SEM 1
Bab 3
| Peristiwa hari akhir( 5,6,7)
1.Di Alam kubur /Barzah = manusia di beripertanyaan kubur
2.Yaumul baats= bangkit , manusia di giring ke Makhsyar
3. Yaumul Hisab = di hitungnya amal manusia
4.Yaumul Mizan = di timbangnya amal manusia
5.Yaumul Syirod = manusia meniti jembatan syi rotol mustaqim
6. Yaumul jazak = hari pembalasan
Qiamat sughro : kiamat keci l Contoh matinya seseorang
Qiamat kubro : kiamaat besar contoh hancurnys alam semesta
Setelah manusia dibangkitkan kembali di alam kubur , kemudian mereka dihitung semua amal perbuatannya ketika didunia, tidak ada satupun amal yang tidak terhitung.
Peristiwa tersebut terjadi pada .... |
Diilustrasikan peristiwa terjadinya hari kiamat, peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut dengan tepat |
6
KLS 3
SEM 1
Bab 3
7
KLS 3
SEM 1
Bab 3 |
Apabila bumi diguncangkan dengan guncangannya (yang dahsyat), |
إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا
|
1
|
dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya, |
وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا
|
2
|
dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (jadi begini)?", |
وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا
|
3
|
pada hari itu bumi menceritakan beritanya, |
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
|
4
|
karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. |
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا
|
5
|
Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. |
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ
|
6
|
Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. |
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
|
7
|
Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula. |
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ
|
|
|
Disajikan tabel tentang contoh peristiwa dan jenis kiamat, peserta didik dapat menunjukkan pasangan yang sesuai | Qiyamat kubro = kiaamat besar yaitu hancurnya alam semesta
Qiyamat sughro =kiamat kecil yaitu matinya seseorang
Perhatikan tabel berikut!
No | Contoh Peristiwa | No | Nama peristiwa |
1 | Hancurnya seluruh alam | a | Kiamat Kubro |
2 | Masuk surga atau neraka | b | Yaumul Ba'ats |
3 | Dibangkitkan kembali | c | Yaumul mizan |
4 | Ditimbang amalnya | d | Yaumul jaza |
5 | Matinya seseorang | e | Kiamat sughro |
|
6.
| Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan takdir, peserta didik dapat menentukan jenis takdir yang sesuai |
8
KLS 3
SEM 2
Bab 10
| Memberikan pengertian
Taqdir muallaq = yaitu ketentuan Allah yang masih bisa di ubah dengan usaha manusia
contoh: kaya -miskin , bodoh - pandai,sehat-sakit dll.
Taqdir Mubram = yaitu ketentuan Allah yang tidak bisa di ubah oleh manusia
contoh : mati -hidup , jenis kelamin ,kelahirn |
Disajikan sebuah kasus tentang sikap yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah Swt, peserta didik dapat menentukan pernyataan sikap yang sesuai dengan ajaran Islam. |
9
KLS 3
SEM 2
Bab 10
| Orang yang melawan taqdir
Taqdir muallaq = yaitu ketentuan Allah yang masih bisa di ubah dengan usaha manusia
contoh: kaya -miskin , bodoh - pandai,sehat-sakit dll
Taqdir Mubram = yaitu ketentuan Allah yang tidak bisa di ubah oleh manusia
contoh : mati -hidup , jenis kelamin ,kelahirn |
Disajikan beberapa potongan ayat al-Qur'an, peserta didik dapat menentukan dalil naqli tentang qadha dan qadar |
10
Klas 3
Sem 2
Bab 10
|
- Dalil naqli qodo' dan qodar :
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الأرْضِ وَلا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
artinya:Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lohmahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah |
7.
| Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku terpuji (tawadhu', taat atau sabar) sesuai contoh dengan benar. |
11
KLS 1
SEM 1
Bab 4
| Sikap sikap terpuji ( 11 )
1.Tawaduk = rendah hati
2.Taat = tunduk dan patuh pada aturan hu
hukum pemerintah /agama .
3.Qonaah = merasa cukup /menerima apa adanya .
4.Sabar = menahan diri dari segala sesuatu
yang tidak di sukai karena mengha harap ridho Allah swt |
Disajikan contoh penerapan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan dengan tepat perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun, teliti) sesuai contoh. |
12
KLS 1
SEM 2
Bab 11
| 1. Kerja keras : berusaha sungguh -sungguh untuk mencapai tujuan
2. Tekun : teguh dalam pendirian
3. Ulet : tidak mudah putus asa
4. Teliti : cermat dan hati -hati.
Contoh
1. Semua soal ujian dikerjakan dengan hati-hati
2. Berusaha agar nilai hasil ujian selalu meningkat
3. Selalu melaksanakan shalat sesuai syarat dan rukunnya
4. Selalu bersikap lemah lembut kepada teman sekelasnya
5. Setiap menerima uang dari orang tuanya selalu dihitung kembali
6. Tetap pergi ke sekolah meskipun temannya tidak menghampirinya
Perilaku teliti dalam pernyataan di atas ditunjukkan pada nomor .... |
Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (zuhud atau tawakal) sesuai contoh dengan benar. |
13
KLS 2
SEM 1
Bab 3
| 1.Zuhud = sikap mengutamakan kepentingan akherat/meninggalkan sifat kedunawian.
2.Tawakal = berserah diri kepada Allah setelah berusaha . |
Disajikan daftar perilaku/sikap makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar sesuai adab makan dan minum. |
14
KLS 2
SEM 2
Bab 12
| Adab sebelum makan dan minum
- Mencari makanan dan minuman yang halal
- Di niatkan agar bisa beribadah kepada Allah
- Mencuci tangan sebelu m makan
- Makan dan minum seadanya
- Hendaklah makan sesudah lapar dan berhenti makan sebelum kenyang
|
| Disajikan daftar contoh penerapan perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang merupakan sifat qanaah. |
15
KLS 3
SEM 1
Bab 4
| Qonaah = menerima apa adanya
- Contoh sikap :
- 1. Mensyukuri nikmat yang di berikan Allah
- 2.Tidak merasa iri atas keberhasilan orang lain
- 3.Berpikir positif dalam menerima ujian dan
cobaan Allah .
4.Dapat hidup sesuai dengan kebutuhan.
5.tidak mudah putus asa . |
Peserta didik dapat memilih salah satu dalil sifat tasamuh dengan benar. |
16
KLS 3
SEM 1
Bab 4
| § يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (الحجرات 13)
- Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. ) Al Hujrot .13 )
Sifat tasamuh = toleransi
- Contoh kap :
- Tidak memaksakan kehendak kpd orang lain
- Tetap bergaul dg baik terhadap orang non muslim
- Lapang dada setiap menerima perbedaan
- Tidak menghina sesembahan agama lain
- Menghormati kehidupan agama lain
|
8.
| Ditampilkan contoh perilaku sehari-hari yang berkaitan dengan salah satu sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan dampak negatif dari sifat tersebut. |
17
KLS 2
SEM 1
Bab 3
|
1.Ananiyah = sifat mementingkan diri sendiri
2.Ghadhab = sifat pemarah
3.Hasad = dengki
4.Ghibah = menggunjing ( membicarakan keburukan )
5.Namimah = adu domba |
Disajikan contoh sikap munafik, peserta didik dapat menentukan akibat yang ditimbulkan. |
18
Klas 2
Sem 2
Bab 13
| Munafiq = apa yang di ktakan tidak sesuai denga apayang ada dalam hati
Taanda tanda munafiq: 1.bila berbicara bohong 2. Bila berjanji menyelisishi 3. Bila di prcaya berkhianat |
Disajikan beberapa contoh perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang termasuk sikap dendam. |
19
Klas 2
Sem 2
Bab 13
|
- Dendam dan Munafik
- Dendam = balasan jahat seseorang kepada orang lain terhadap kejadian yang lalu.
- Ciri Ciri Dendam =
- Menyimpan rasa sakit hati dan berusaha membalasnya
- Tidak mau memaafkan kesalahan orang lain
- Tidak suka melihat orang lain bahagia
- Suka menjelekkan orang lain
- Selalu membuka aib orang lain
|
Disajikan suatu kasus yang aktual tentang perilaku takabur, peserta didik dapat menentukan sikap yang tepat untuk menghindarinya. |
20
Klas 3
Sem 2
Bab 11
| Sikap menghindari takabur
1.menyadari kesalahannya dan mau meminta maaf
2.mendekatkan diri kepda Allah
3.Menyadari akibat yang di timbulkan dari sifat tkabur
4.Senantiasa meensyukuri nikmat Allah swt.
|
9.
| Disajikan potongan ayat Al Qur'an, peserta didik dapat menunjukkan bacaan al Syamsiyah/ al Qomariyah
|
21
Klas 1
Sem 1
Bab 1
| . Bacaan AL Syamsiyah dan Qomariyah ( Klas I ) bab 1
- Alif lam samsiyah adalah alif lam yang tak terbaca
- Alif lam qomariah adalah alif lam yang terbaca dengan jelas
Contoh :
Huruf huruf Qomariyah :
Contoh : |
10.
| Disajikan ayat Al Qur'an , peserta didik dapat menentukan hukum bacaan nun mati/tanwin pada ayat tersebut |
22
Klas 1
Sem 2
Bab 9
| |
11.
| Disajikan potongan ayat Al Qur'an, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan mad / waqaf |
23
Klas 2
Sem 2
Bab 10
| Iwad = Mad iwad adalah pemanjangan suara karena huruf yang bertanwin fatah di waqofkan.contoh =حَكِيْمًا
Badal= pemanjangan suara karena adanya hambyah ketemu dengan mad asli .
Contoh =
Wajib mutasil=إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ
Jaiz munfasil |
12.
| Disajikan tabel potongan ayat Al Qur'an, peserta didik dapat mengklasifikasikan hukum bacaan qalqalah / ra |
24
Klas 2
Sem 1
Bab 1
|
اِرْجِعِ |
Disajikan potongan ayat at Tiin, peserta didik dapat melanjutkan dengan benar |
25
Klas 3
Sem 1
Bab 1
| لَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ |
Disajikan sebuah ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap terpuji yang sesuai dengan kandungan Q.S. at-Tiin |
26
Klas 3
Sem 1
Bab 1
| Allah akan menempatkan ke posisi yang paling rendah dan hina jika manusia tidak mau beriman dan beramal sholeh. Pernyataan tersebut sesuai dengan kandunagan aytat....
ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ
لَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ |
13.
| Disajikan salah satu ayat dalam Q.S. al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan lanjutan ayat berikutnya dengan benar. |
27
Klas 3
Sem 2
Bab 8
| وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ
الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَك
Meneruskan ayat salah satu/ mengurutkan |
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan arti ayat tersebut dengan benar |
28
Klas 3
Sem 2
Bab 8
| Hafalkakan Al Insyirah beerta artinya |
14.
| Disajikan sebuah hadis tentang menuntut ilmu, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku menuntut ilmu yang sesuai dengan hadis tersebut |
29
Klas 3
Sem 1
Bab 2
| Di buat cerita untuk menetukan sikap yng sesuai dengan hadis menetut ilmu
Arti : |
15.
| Disajikan tabel tentang beberapa contoh hadas, peserta didik dapat menentukan penyebab mandi wajib. |
30
Klas 1
Sem 1
Bab 5
| Penyebab mandi wajib
1.haid 2.nifas 3. Habis melahirkan 4.baru Masuk islam 5.mimpi basah 6.hub suami istri |
16.
| Disajikan beberapa pernyataan tentang bacaan dan gerakan salat, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun salat dengan tepat |
31
Klas 1
Sem 1
Bab 6
| Mengidentifikasi bacaan dalam gerakan sholat yang sedang : orang sujud , takbirotul ihrom ,orang sedang rukuk,duduk ,duduk tasahut/tahiyat akhir . |
17.
| Disajikan tabel contoh salat sunnah rawatib, peserta didik dapat mengidentifikasi salat sunnah muakad/ghairu muakad dengan tepat. |
32
Klas 2
Sem 1
Bab 5
| Tabel shalat sunah rowatib muakad
Shalat wajib | Sunat Rawatib |
1 | Isya' | 2 rakaat sesudah Isya' |
2 | Subuh | 2 rokaat sebelumnya |
3 | dhuhur | 2 rokaat sebelum dan sesudahnya |
4 | Asyar | Tidak ada |
5 | Magrib | 2 rakaat sesudah magrib |
Tabel ghoiru muakad
Shalat wajib | Sunat Rawatib |
1 | Isya' | 2 rakaat sebelum nya |
2 | Subuh | Tidak ada |
3 | Dhuhur | 2 rakaat sebelum dan sesudahnya |
4 | Asyar | 2 rokaat sebelumnya |
5 | Magrib | 2 rakaat sesudah magrib |
|
18.
| Disajikan beberapa illustrasi tentang sujud, peserta didik dapat menentukan jenis sujud yang benar sesuai dengan ilustrasi |
33
Klas 2
Sem 1
Bab 6
| Sebuah cerita eseorang yang sesuai dengan sujud syukur :
contoh Ahmad hampir saja tertimpa musibah, namun untung ia bisa menghindarinya. Sebagai ungkapan rasa syukur karena terhindar dari suatu musibah, maka Ahmad melakukan....
Sebuah cerita eseorang yang sesuai dengan sujud syahwi :
Contoh: Ketika melaksanakan shalat dhuhur Yasin ragu-ragu sudah berapa rakaat yang ia laksanakan, maka sebelum salam seharusnya Yasin melakukan...
Sebuah cerita eseorang yang sesuai dengan sujud syahwi :
Contoh : Ahmad menjadi imam shalat ,surat pendeknya membaca Al ‘Alaq, kemudian Ahmad melakukan sujud ...
|
19.
| Disajikan beberapa keutamaan puasa sunah peserta didik dapat menunjukkan dengan benar keutamaan salah satu puasa sunah |
34
Klas 2
Sem 1
Bab 7
| Puasa Arofah yaitu 9 zulhijah = pahalanydihapuskan dosa selama dua tahun
Puasa 9 dan 10 Muharom = pahalanya dihapuskan dosa setahun yang lalu
Puasa syawal 6 hari = pahalanya seperti puasa satu tahun penuh
|
20.
| Disajikan ilustrasi orang yang berhak menerima zakat peserta didik dapat mengidentifikasi orang orang yang berhak menerima zakat |
35
Klas 2
Sem 1
Bab 8
| Orang orang yang berhak menerim zakat al:
1.Fakir 2.miskin 3.Amil zakat 4. Muallaf 5. Riqab 6. Gharim |
21.
| Disajikan gambar binatang yang haram, peserta didik dapat menetukan penyebab keharamannya |
36
Klas 2
Sem 2
Bab14
| 1.Kucing / harimau haram karena bertaring 2. Tikus haram karena di suruh membunuh
3.ular haram karena disuruh membunuhnya 4. Cacing haram karena menjijikkan 5. Babi /celeng haram krena di haramkan dalam Alquran . |
22.
| Disajikan beberapa pernyataan tentang aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan aqiqah |
37
Klas 3
Sem 1
Bab 5
| Ketentuan aqiqoh : 1. Di laksanakan hari ke 7 2.di sembelihkan kambing anak laki laki 2 ekor
Perempuan 1 ekor 3.kambing domba umur 1 tahun ,kambing biasa umur 2 tahun.
Atau Kambing yang gemuk jantan sampai umur sehat dan tidak cacat
|
Disajikan beberapa pernyataan tentang hewan kurban, peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan hewan kurban yang benar |
38
Klas 3
Sem 1
Bab 5
| Ketentuan kurban
Sapi,kambing , kerbau , unta yang gemuk, sehat, cukup umurnya sesuai ketentuan agama Islam |
23.
| Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut. |
39
Kls 3
Seem 1
Bab 6
| Amalan rukun ibadah haji :
1. Ihrom = memakai baju ihrom 2. Wukuf = kumpu di padang arafah
3.Towaf = mengelilingi kakbah 7 x 4. Sa'i = lari lari kecil dari safa - marwa 7x
5. tahalul = memotong rambut min 3 helai |
Disajikan ilustrasi seseorang yang mengerjakan thawaf, peserta didik dapat menunjukkan jenis thawaf yang sesuai |
40
Klas 3
Sem 1
Bab 6
| Macam macam towaf :
Towaf Ifadhah = towaf sebagai rukun haji
Towaf Qudum = tawaf selamat datang
Tawaf wada' = tawaf pamitan
Tawaf sunat = di lakukan sewaktu waktu |
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah haji dan umrah. |
41
Klas 3
Sem 1
Bab 6
| Hikmah hji al:
1. Memperkuat iman dan taqwa keepada Allah swt
2. Meenumbuhkan semangat berkorban karena ibdah haji memerlukanpengorbanan jiwa ,harta ,tenaga .
3. Memperkuat ukuwah islamiyah
4. Mengenal tempattempat bersejarah antar sesama muslim di seluruh dunia
5. Perwujudan solidaritas islam bangs a bangsa di dunia |
| Disajikan beberapa pernyataan tentang ketentuan shalat sunah berjamaah, peserta didik dapat menunjukkan shalat sunah yang sesuai |
42
Klas 3
Sem 2
Bab 12
|
1.‘Idain = sholat hari raya . Shalat yang dilaksanakan pada waktu pagi hari
2.Malam = tahajut ,istiharah dll. Yang di laksanakan malam hari .
3.Tarawih = sholat malam sesudah shalatIsak yang di laksanakan di malam bulan ramadhan
4.Istikharah= shoalt yag di laksanakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan
petunjuk yang jelas dalam pilihan satu di antara dua .
|
Disajikan ilustrasi persoalan dalam kehidupan, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan. |
43
Klas 3
Sem 2
Bab 12
| Ilustrasi mafaat sholat sholat sunat
1. Hajat = doa segera di kabulkan
2. Dhuha = fadhilahnya usahanya di beri kesuksesan dan di mudahkan segala urusannya
3. Tahajjud= orang yang tahajut akan di bangkitkan oleh Allah di tempat yang terpuji
|
25.
| Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan-pernyataan yang merupakan misi dakwah Nabi Muhamad Saw. |
44
Klas 1
Sem 1
Bab 8
Hal 116 - 117
| Yang merupakan misi dakwah nabi sosial al :
Menghapus tradisi setiap kelahiran anak perempuan yang dikubur hidup-hidup.
Yang merupakan misi dakwah nabi di bidang akhlaq:
Merubah perilaku manusia yang berpegang pada tradisi jahiliyah
Yang merupakan misi dakwah nabi di bidang akidah al :
Melarang menyembah berhala |
Disajikan narasi tentang upaya Rasulullah Saw. dalam membangun kota Madinah melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dari narasi tersebut. |
45
Klas 2
Sem 1
Bab 9
| Ketika Nabi Muhammad SAW di kota Madinah, langkah awal yang dilakukan Rasulullah dalam rangka membentuk masyarakat yang kuat adalah mendirikan masjid, tujuannya disamping untuk beribadah juga membangun komunikasi dan sebagai pusat kegiatan ekonomi atau perdagangan, peternakan maupun pertanian.
Hal yang bisa diteladani dari peristiwa tersebut adalah.... Beribadah dan menumbuhkan jiwa wirausaha
Ketika membangun masyarakat Madinah, Rasulullah SAW. menghadapi masyarakat yang berlatar belakang agama dan suku. Untuk membangun masyarakat agar dapat hidup berdampingan maka ditetapkan Piagam Madinah.
Usaha yang beliau lakukan agar tercipta kerukunan ummat adalah ... .
Toleransi dalam kehidupan beragama
Diantara langkah-langkah Rasulullah membangun kota Madinah ialah meletakkan dasar-dasar perekonomian, pertanian dan perdagangan yang menjadi bekal menata Madinah menjadi negeri yang makmur dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan.
Hal yang bisa diteladani dari peristiwa tersebut adalah....
Berjiwa wirausaha dalam rangka beribadah
|
26.
| Disajikan tabel mengenai tokoh-tokoh ilmuwan muslim pada masa Abbasiyyah beserta keahlianya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang sesuai. |
46
Klas 2
Sem 2
Bab 15
|
No
|
Nama Ilmuwan Muslim
|
Bidang Keilmuannya
|
1
| Ibnu Sina | Kedokteran |
2
| Imam Maliki | Ilmu Fiqih |
3
| Imam Bukhori | Ilmu hadis |
4
| Abu Hanifah | Ilmu sejarrah |
No
|
Nama Ilmuwan Muslim
|
Bidang Keilmuannya
|
1
| Al-Khawarizmi | Ilmu aaljabar /matematika |
2
| Imam Bukhori | Ilmu hadis |
3
| Imam Al-Ghazali | Ilmu tafsir ,fiqih,filsafat ,akhlaq |
4
| Imam Syafi'i | Fiqih |
|
Disajikan ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban Islam pada masa khalifah Bani Abbasiyyah, peserta didik dapat menentukan nilai yang dapat diteladani dan dikembangkan pada saat itu. |
47
Klas 2
Sem 2
Bab 15
| Contoh:
Al-Khawarizmi adalah seorang ahli matematika, astronomi dan astrologi yang berasal dari Persia. Karya yang pertama kali dibahas tentang solusi sistematik dari linier dan notasi kuadrat.
Nilai yang dapat diteladani dari kisah di atas adalah semangat mempelajari ilmu....
Yaitu matemaatika
Dll. |
27.
| Disajikan deskripsi proses masuknya Islam di Nusantara, peserta didik dapat menentukan cara masuknya Islam di Nusantara sesuai dengan deskripsi tersebut (perdagangan, sosial, budaya dan pengajaran). |
48
Klas 3
Sem 1
Bab 7
| Contoh :
Setelah Islam masuk ke berbagai pelosok nusantara, para pedagang dari Arab, Gujarat dan Cina tak jarang yang bermukim di Nusantara kemudian menikahi wanita setempat dan dikaruniai keturunan sehingga terbentuklah keluarga muslim secara turun temurun.
Dari kutipan tersebut Islam berkembang melalui jalur ... .
Pernikahan
Dll. |
Disajikan deskripsi peran kerajaan Islam di Nusantara dalam dakwah, pendidikan, ekonomi dan kebudayaan serta perlawanan terhadap penjajahan, peserta didik dapat menentukan nilai yang patut diteladani dari peran kerajaan tersebut dalam kehidupan. |
49
Klas 3
Sem 1
Bab 7
| Contoh :
Perkembangan Islam di nusantara tidak lepas dari dukungan kerajaan-kerajaan yang ada, peran tersebut adalah dengan memberikan kesempatan dan bantuan dana untuk mendakwahkan Islam ke se-antero Nusantara termasuk mengajak para pendakwah untuk melawan penjajah.
Dari diskripsi tersebut, yang dapat diteladani dari peran kerajaan Islam pada saat itu ... .
Semangat berdakwah untuk menyebarkan Agama Islam |
28.
| Disajikan salah satu contoh tradisi yang bernuansa Islam di Indonesia, peserta didik dapat meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut. |
50
Klas 3
Sem 2
Bab 13
| Contoh
Setiap bulan Rabi'ul Awwal, di Daerah Istimewa Yogyakarta selalu diselenggarakan acara Sekaten. Dari sisi bahasa, kata sekaten diserap dari kata syahadatain yang artinya dua kalimah syahadat. Kandungan makna dari acara sekaten sangat luhur, yaitu ... .
Mengokohkan kembali akidah umat Islam
|
0 komentar: